Thursday, July 18, 2013

Contoh Jadwal pelajaran SD Kurikulum 2013

Masih ada banyak pertanyaan mengenai kurikulum 2013 untuk jenjang sekolah dasar (SD) memakai metode tematik integratif. Salah satunya adalah, akan seperti apa jadwal pelajaran dengan memakai kurikulum 2013 ketika materi tidak lagi dipisahkan dengan mata pelajaran tetapi dipisahkan berdasarkan tema.

Pembelajaran tematik kurikulum sebelumnya (KTSP) memang sudah diterapkan, khususnya pada kelas rendah (kelas 1,2 dan 3). Meskipun demikian, penerapan metode pembelajaran tematik bukanlah hal yang mudah. Guru harus bisa mengaitkan beberapa kompetensi dasar (KD) melalui sebuah tema yang diajarkan.

Masing-masing kelas akan disediakan kurang dari delapan tema berbeda. Setiap tema harus selesai diajarkan dalam jangka waktu tertentu. Tema-tema pada mata pelajaran tematik integratif kurikulum 2013 berkaitan dengan alam dan kehidupan manusia.Keduanya memberi makna yang substansial terhadap mata pelajaran di SD


Diatas merupakan contoh jadwal pelajaran tematik kelas 4 SD yang memakai kurikulum 2013. Tema hidup hemat energi disajikan selama 3 minggu, penyusunan jadwal tidak lagi per mata pelajaran (mapel) melainkan per Tema. Sebuah tema mengintegrasikan berbagai konsep dasar yang saling berkaitan.

Sumber : sekolahdasar.net

2 comments: