Sunday, July 21, 2013

Mendikbud Resmikan Kurikulum 2013 di Bantul

Bantul --- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh melakukan peluncuran Kurikulum 2013 secara nasional di SMA Negeri 1 Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Peresmian ditandai dengan penyerahan buku Kurikulum 2013 tingkat SD, SMP dan SMA ke siswa.

Dalam sambutannya Menteri Nuh mengatakan, peluncuran kurikulum ini bukan sekadar peluncuran sebuah tulisan belaka, namun demi membangun sebuah peradaban di masa depan. "Dan DIY merupakan simbol peradaban masa depan," ujarnya mengungkap alasan peluncuran Kurikulum 2013 dilakukan di Bantul, pada Senin (15/7).



Menteri Nuh mengatakan masyarakat DIY sudah siap dengan pelaksanaan kurikulum 2013 ini. Oleh karena itu, kementerian berterima kasih kepada masyarakat DIY yang siap menerima kedatangan Kurikulum 2013. Ini adalah takdir Tuhan bahwa peluncuran Kurikulum 2013 ini secara resmi diluncurkan di DIY," katanya.

Kurikulum 2013 ini diluncurkan secara serentak nasional pada hari ini terhadap 6.400 sekolah. Pelaksanaan kurikulum 2013 ini dilakukan secara bertahap dan terbatas. Artinya tidak semua atau belum semua sekolah di kabupaten/kota dan propinsi yang akan menerapkan kurikulum ini. Bahkan sangat dimungkinkan dalam satu sekolah belum semua rombongan belajar akan menerapkannya.

"Saat ini sudah ada 6.400 sekolah yang siap dan kalau ada sekolah yang belum menerapkan itu memang. Target kita bertahap selama 3 tahun hingga 2015," katanya.

Menteri Nuh berharap melalui peluncuran Kurikulum 2013 ini pendidikan di tanah air dapat dikembangkan dan ditingkatkan secara maksimal. Menurutnya keutamaan nilai moral dan budaya perlu mendapat tempat yang spesial, khususnya melalui pemahaman lewat nilai-nilai agama.

Acara peluncuran Kurikulum 2013 di SMA 1 Bantul dihadiri pula Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X, Bupati Bantul Suryawidati Idham Samawi, serta pejabat di lingkungan Kemdikbud, seperti Sekretaris Jenderal Ainun Naim dan Dirjen Pendidikan Tinggi Djoko Santoso


Sumber : www.facebook.com/Kemdikbud.RI

0 comments:

Post a Comment